JPNN.com

Pramuka Paling Siap Bantu Eks Gafatar

Kamis, 28 Januari 2016 – 20:23 WIB
Pramuka Paling Siap Bantu Eks Gafatar - JPNN.com
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat membantu para eks Gafatar di Cibubur. FOTO: ist for jpnn.com

JAKARTA - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengungkapkan bahwa Pramuka siap untuk menangkal paham-paham radikal seperti Gerakan Fajar Nusantara. Tak hanya itu, pramuka juga siap membantu penanganan psikologis bagi eks Gafatar yang saat ini diungsikan di Taman Wiladatika Cibubur.

"Pramuka ini penting untuk anak-anak generasi muda, karena ada dasadarma pramuka. Ini yang kami imbau kepada pemerintah, bahwa jika bicara revolusi mental, pramuka paling siap. Pertanyaannya apakah pemerintah siap bantu kami?” katanya di Jakarta, Kamis (28/1).

Adhyaksa juga menuturkan bahwa Pramuka harus dipahami secara utuh. Pasalnya, pada dasarnya Pramuka mampu menangkal paham-paham tertentu karena memiliki sepuluh dasar yang disebut Dasa Dharma. 

Isi dalam Dasa Dharma tersebut mencakup Takwa, Cinta, Patriot, Patuh, Rela, Rajin, Hemat, Disiplin, Bertanggung Jawab, dan Suci.

Sementara itu, Adhyaksa menjelaskan bahwa eks Gafatar harus diperlakukan secara baik dan mendapatkan perhatian lebih secara psikologis untuk memberikan pemahaman bahwasannya mereka adalah bagian dari bangsa Indonesia.

"Gafatar perlu perhatian khusus, takutnya seperti gunung es. Mereka (eks Gafatar) itu bagian dari bangsa kita yang harus diluruskan, jangan dijauhkan," ujar Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu. (mas/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
thomas