Presiden Gelar Pertemuan dengan Dewan Negara RRT

Presiden Gelar Pertemuan dengan Dewan Negara RRT
Presiden Gelar Pertemuan dengan Dewan Negara RRT

jpnn.com - JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menerima anggota Dewan Negara atau State Councilor Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Yang Jiechi dan delegasi di Kantor Presiden, Kamis (19/9). Diplomat senior dan mantan Menteri Luar Negeri RRT itu akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menko Polhukam Djoko Suyanto membahas peningkatan kerja sama Indonesia-RRT.

“ Dewan Negara melaporkan pada Presiden tentang persiapan kunjungan RRT ke Indonesia yang akan dilakukan pada awal Oktober mendatang. Ini  untuk mempererat hubungan bilateral yang sudah ada dari strategic partnership menjadi comprehensif strategic,” kata Menkopolhukam Djoko Suyanto usai mendampingi Presiden dalam pertemuan itu.

Di RRT, Dewan Negara merupakan organ tertinggi kekuasaan eksekutif dan administrasi negara. Dewan Negara terdiri atas perdana menteri, wakil perdana menteri, anggota dewan negara, menteri yang bertanggung jawab atas departemen dan komisi, dan sekretaris jenderal. Dewan Negara diketuai PM Li Keqiang.  (flo/jpnn)

Menurut Djoko pemerintah Indonesia dan RRT juga akan membuat kesepakatan dalam bentuk MoU di beberapa bidang. Di antaranya investasi, kerjasama industri mineral, bidang antariksa, perikanan, kerjasama budaya dan pendidikan. Terutama  kerjasama antara perguruan tinggi dan pemuda.

“Juga akan dibicarakan nanti adalah isu-isu strategis  tentang Suriah, Laut China Selatan, isu-isu East Asia maupun isu-isu regional dan global yang lain” sambung Djoko.

Dalam pertemuan ini Yeng Jiechi datang bersama delegasi, diantaranya Duta Besar RRT untuk Indonesia Liu Jianchao, Wakil Menlu Liu Zhenmin, dan Wakil Menteri Pertanian Niu Dun. Sementara itu, selain Djoko, beberapa menteri juga mendampingi Presiden di antaranya Mensesneg Sudi Silalahi, Mentan Suswono, dan Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah.  (flo/jpnn)


JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menerima anggota Dewan Negara atau State Councilor Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Yang Jiechi dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News