Presiden Pecat Gubernur Bank Sentral

Presiden Pecat Gubernur Bank Sentral
Presiden Argentina, Fernandez de Kirchner. Foto: Internet.
BUENOS AIRES - Presiden Argentina, Cristina Fernandez de Kirchner, baru-baru ini telah memerintahkan pemberhentian kepala bank sentral negeri itu yang sebelumnya menolak menggunakan cadangan keuangan untuk membayar hutang luar negeri. Dalam sebuah dekrit yang dikeluarkannya, Presiden Fernandez de Kirchner menyebut kesalahan sang gubernur bank, Martin Redrado, sebagai "kesalahan bertindak dan pengingkaran tugas".

Sebagaimana diberitakan situs BBC, Jumat (8/1) siang WIB, Redrado sendiri sudah bersedia untuk meninggalkan jabatannya, namun bersiap melakukan tuntutan hukum terhadap keluarnya dekrit presiden tersebut. Sejumlah pengacara perundang-undangan menyebut bahwa dekrit itu mungkin ilegal, sebab pimpinan bank sentral hanya bisa diberhentikan lewat kongres.

Sebelumnya, Fernandez de Kirchner sempat meminta sang gubernur bank untuk mengundurkan diri secara sukarela, pasca Redrado menolak perintahnya untuk mentransfer dana sebesar USD 6,6 miliar ke rekening pemerintah. Namun nyatanya, Redrado tak bersedia mengundurkan diri, hingga dekrit itu pun dikeluarkan.

Argentina sendiri dilaporkan memiliki setidaknya USD 13 miliar hutang internasional yang bakal jatuh tempo tahun ini. Sementara di luar itu, disebutkan juga ada 'lubang' dalam anggaran negaranya sebesar antara USD 2-7 miliar.

BUENOS AIRES - Presiden Argentina, Cristina Fernandez de Kirchner, baru-baru ini telah memerintahkan pemberhentian kepala bank sentral negeri itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News