Program Pemberdayaan Masyarakat Pertamina Tampil di COP28 Dubai

Program Pemberdayaan Masyarakat Pertamina Tampil di COP28 Dubai
Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S. Poerwadi saat hadir dalam diskusi panel bertajuk 'Community Empowerment for the National Energy Transition' di Paviliun Indonesia dalam rangkaian COP 28 di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, DUBAI - Program pemberdayaan masyarakat Pertamina tampil pada Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim PBB 2023 atau Conference of the Parties (COP) 28 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Seperti diketahui, PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan yang mengusung keberlanjutan bersinergi bersama masyarakat di sekitar wilayah operasi untuk mendorong kesejahteraan sosial dan ekonomi, serta kemandirian energi.

Tiga program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) Pertamina adalah Desa Energi Berdikari, Desa Wisata Pertamina dan Hutan Pertamina.

Pada COP 28 di Dubai, Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S. Poerwadi mengatakan tiga program TJSL tersebut merupakan upaya perseroan dalam memberikan manfaat sosial untuk masyarakat.

“Pertamina adalah badan usaha yang menyuplai minyak dan gas terbesar di Indonesia sehingga kami ingin berperan ke masyarakat,” kata Brahmantya dalam keterangannya, Senin (4/12).

Pada diskusi panel bertajuk 'Community Empowerment for the National Energy Transition' di Paviliun Indonesia itu menyebutkan, Pertamina memiliki 76 program komunitas untuk Desa Energi.

Adapun 57 program merupakan program pembangkit listrik tenaga surya, 12 program pengelolaan sampah menghasilkan gas metana dan biogas, empat program energi mikrohidro, dua program konversi energi biodiesel dari limbah rumah tangga, serta satu program pembangkit listrik tenaga campuran angin dan surya.

Kemudian 57 pembangkit listrik tenaga surya untuk menghasilkan energi listrik, 12 program yang menghasilkan gas methana dan biogas, 4 menggunakan energi mikrohidro, 2 program biodiesel yang dikonversi dari limbah rumah tangga, dan 1 program hybrid antara energi surya dan angin.

Program pemberdayaan masyarakat Pertamina tampil pada COP 28 di Dubai, Uni Emirat Arab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News