PU: 80 Situ di Jabodetabek Telah Direhabilitasi

PU: 80 Situ di Jabodetabek Telah Direhabilitasi
PU: 80 Situ di Jabodetabek Telah Direhabilitasi
JAKARTA - Departemen Pekerjaan Umum (PU) mengaku telah merehabiltasi 80 situ dari total 202 situ yang berada di Jabodetabek. Rehabilitasi dilakukan dalam periode tahun 1996-2008. Sementara tahun 2009 ini, Departemen PU akan merehabilitasi tujuh situ lainnya. Seperti dikatakan Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskompu) Departemen PU, Amwazi Idrus, perbaikan situ itu dilakukan secara bergiliran karena keterbatasan dana.

"Khusus untuk Situ Gintung, pemeliharaan baru saja dilakukan pada November 2008. Pada saat itu, tim evaluasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Departemen PU tidak menemukan adanya kerusakan berarti pada situ tersebut," ungkap Amwazi, Jumat (3/4), di Jakarta.

Untuk saat ini, lanjut Amwazi pula, Departemen PU mengalokasikan dana pemeliharaan Situ Gintung sebesar Rp 1,5 miliar pada tahun lalu. Dana tersebut dipergunakan antara lain untuk pengerukan, pembersihan, serta pembuatan public barrier berupa jogging track pada kawasan seluas 21 Ha tersebut.

"Public barrier berupa jogging track sengaja kita buat, dengan tujuan agar lahan Situ Gintung tidak diokupasi lebih jauh sebagai daerah permukiman," tegas Amwazi.

JAKARTA - Departemen Pekerjaan Umum (PU) mengaku telah merehabiltasi 80 situ dari total 202 situ yang berada di Jabodetabek. Rehabilitasi dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News