Rajin Donor Darah, Napi Dijamin Terima Remisi

Rajin Donor Darah, Napi Dijamin Terima Remisi
Rajin Donor Darah, Napi Dijamin Terima Remisi
JAKARTA - Menteri Hukum & HAM Patrialis Akbar membantah adanya tudingan bahwa tahun ini pemerintah mengobral remisi untuk para narapidana (napi) tahun ini. Menurutnya, pemberian remisi yang diberikan oleh pemerintah kepada para napi sudah sesuai pada peraturan yang berlaku.

"Tolong dipahami secara komprehensif. Remisi dilakukan didasarkan pada UU Lembaga Permasyarakatan dan peraturan pemerintah,” kata Patrialis usai mengikuti kegiatan peringatan Hari Konstitusi di gedung MPR/DPR/DPD Senayan Jakarta (18/8). Patrialis menjelaskan, para koruptor, pelaku pembalakan liar hingga terorisme memang bisa menikmati remisi apabila telah menjalani sepertiga dari masa hukumannya.

“Sekarang, untuk pemberian remisi umum, UU mengatakan setelah enam bulan melaksanakan hukuman maka diberikan satu bulan,” kata Patrialis.

Di samping remisi yang sifatnya umum itu, kata Patrialis menambahkan, ada juga remisi yang sifatnya tambahan. ”Kalau dia donor darah empat kali setahun, dia tambahan remisi. Kalau dia jadi tamping (kepala kelompok napi), pemuka atau dokter, tambah lagi satu bulan sepuluh hari. Itu aturannya,” papar menteri yang juga politisi Partai Amanat Nasional itu.

JAKARTA - Menteri Hukum & HAM Patrialis Akbar membantah adanya tudingan bahwa tahun ini pemerintah mengobral remisi untuk para narapidana (napi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News