Reshuffle Kabinet: PDIP Aman Tak Diutak-atik

Reshuffle Kabinet: PDIP Aman Tak Diutak-atik
Presiden Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo akhirnya menggusur atau me-reshuffle kursi menteri di Kabinet Kerja. Sebanyak 13 jabatan mengalami perubahan. Ada menteri yang digusur, namun ada yang cuma digeser.

Beberapa pembantu presiden dari barisan koalisi ikut digoyang. Namun yang tidak kena utak-atik..PDI Perjuangan.

Ibarat tim sepak bola dari gabungan partai, Jokowi tidak melakukan pergantian pemain dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri. Lima anak buah Bu Mega yakni Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly, Menteri Koperasi dan UMKM AAGN Puspayoga serta Seskab Pramono Anung, aman.

Nasional Demokrat? Anak buah Surya Paloh? Jokowi mencopot Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, namun di sisi lain, politikus NasDem Enggartiasto Lukita dipercaya masuk menjadi Menteri Perdagangan.

Jokowi juga melakukan 'pergantian pemain' dari salah satu partai yang dikenal cukup loyal kepadanya, PKB. Delegasi dari partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar diganti. Menteri Desa yang semula diduduki Marwan Jafar digantikan oleh kader PKB juga, Eko Putro Sanjoyo.

Beda lagi dengan Hanura, dua menteri asal partai pimpinan Wiranto yakni MenPAN RB Yuddy Chrisnandi dan Menteri Perindustrian Saleh Husin digusur Jokowi. Namun Jokowi smart. Dia justru mempercayakan sang Ketum Hanura, Wiranto menduduki posisi vital, Menkopolhukam.

Dari barisan partai yang baru masuk, PAN dan Golkar, juga ditampung. Dari 12 nama yang diumumkan Jokowi, PAN dapat satu atas nama Asman Abnur yang didaulat menjadi Menteri PAN RB, menggantikan Yuddy Chrisnandi (Hanura).

Golkar juga kebagian satu kursi. Mantan calon ketum Golkar, Airlangga Hartarto diangkat sebagai Menteri Perindustrian, lagi-lagi menggeser kader Hanura, Saleh Husin.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo akhirnya menggusur atau me-reshuffle kursi menteri di Kabinet Kerja. Sebanyak 13 jabatan mengalami perubahan. Ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News