Ribuan Guru Pemula Diinduksi

Antisipasi Guru Pensiun, Dispensasi Sudah Berlebihan

Ribuan Guru Pemula Diinduksi
Ribuan Guru Pemula Diinduksi
JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan melakukan induksi ratusan guru pemula. Hal ini dilakukan untuk pengantisipasi ribuan guru yang akan pensiun dalam waktu 10 tahun mendatang. Dalam waktu 10 tahun mendatang sebanyak 451.767 guru akan pensiun, sehingga diperlukan minimal sebanyak guru yang pensiun tersebut. Bila satu orang guru mengajar 30 siswa akan terdapat sejumlah 13.553.010 siswa yang akan diajar guru pemula.

Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Baedhowi mengatakan, dengan kondisi tersebut pemerintah harus menerapkan program induksi bagi guru pemula. Guru pemula perlu dibimbing agar segera dapat menajdi guru yang efektif dalam melaksanakan pembelajaran maupun pembimbingan.’’Bila guru pemula tidak dibimbing dan tidak dapat menjadi guru yang efektif, maka akan ada jutaan siswa yang dirugikan dalam proses pembelajaran mereka,’’ tegas Baedhowi di Jakarta kemarin.

Disebutkan Baedowi, peserta program induksi adalah guru pemula berstatus PNS mutasi dari jabatan lain, guru pemula yang berstatus CPNS dan ditugaskan pada sekolah atau madrasah yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah, dan guru pemula bukan PNS yang ditugaskan pada sekolah atau madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Menurutnya, program ini akan dilakukan secara bertahap. Setidaknya meliputi persiapan, pengenalan sekolah atau madrasah dan lingkungannya, pelaksanaan dan observasi pembelajaran atau bimbingan dan konseling, penilaian, dan pelaporan.’’Tempat pelaksanaannya di sekolah atau madrasah tempat guru pemula bertugas. Selain itu, masa induksi sendiri mencapai satu tahun dan dapat diperpanjang satu tahun,’’ sebut Baedhowi.

JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan melakukan induksi ratusan guru pemula. Hal ini dilakukan untuk pengantisipasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News