Ribuan Nelayan Resah Karena Limbah

Ribuan Nelayan Resah Karena Limbah
Ribuan Nelayan Resah Karena Limbah
ARMIADI--Ribuan nelayan di Aceh Utara, resah adanya pengeboran minyak lepas pantai dilakukan Seruway Offshore Exploration Limited (SOEL). Apalagi, limbah hasil pengeboran itu dibuang ditengah laut sehingga diduga berbahaya bagi lingkungan.

Keresahan nelayan itu, karena banyak ikan diterumbu karang rumpon dijadikan sebagai rumah buat ikan di dasar laut menjauh. Padahal bagi nelayan sengaja membuat rumpon itu dengan menaruh berbagai jenis barang agar ikan bisa merapat disitu. 

Namun, pasca dilakukan pengeboran minyak oleh SOEL dan dugaan pembuangan limbah tersebut membuat ikan banyak menjauh. “Kondisi itu jelas membuat pendapatan kami nelayan merugi. Kalau dulu saya bisa menghasilkan ikan 10 hingga 50 piber dilokasi rumpun. Tapi sekarang 3 piber saja susah mendapatkan ikan,”ungkap Samsul seorang nelayan Aceh Utara, kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), Minggu (20/1).

Menurut dia, pihaknya selama ini merasa curiga banyak material berlambang tengkorak yang dinaikan dalam kapal bersandar di Pelabuhan Krueng Geukeuh. Tentunya, kebiasanya jika ada material berlambang tengkorak itu berarti sangat berbahaya.

ARMIADI--Ribuan nelayan di Aceh Utara, resah adanya pengeboran minyak lepas pantai dilakukan Seruway Offshore Exploration Limited (SOEL). Apalagi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News