Sawit Jadi Market Leader Minyak Nabati Dunia

Sawit Jadi Market Leader Minyak Nabati Dunia
Sawit Jadi Market Leader Minyak Nabati Dunia
JAKARTA- Meningkatnya permintaan bahan bakar nabati dunia, minyak sawit mengambil peran yang makin besar.

Ketua GAPKI, Joesfly J Bahroeny, dalam diskusi terbatas menyambut Hari Lingkungan Hidup Dunia, di Jakarta, Rabu (3/6) mengungkapkan, saat ini minyak sawit telah memimpin market share mencapai 27%. "Ini lebih tinggi dari minyak kedelai yakni sebesar 23 persen, yang sebelumnya selama bertahun-tahun memimpin pasar bidang minyak nabati," jelasnya.

Komoditi kelapa sawit pada tahun 2008 lalu telah menjadi andalan Indonesia dalam komoditas ekspor nonmigas, dengan menyumbang devisa US$12 Miliar. Ini setara dengan kurang lebih 10 persen dari total ekspor nonmigas. "Belum lagi pajak-pajak yang dibayar termasuk pajak ekspor," tambahnya.

Perkebunan kelapa sawit juga termasuk sektor industri yang kebal krisis. Joesfly menyebutkan di saat banyak industri memecat karyawannya akibat krisis finansial global, justru tidak ada PHK di perkebunan sawit. Bahkan, terus melakukan ekspansi usaha sehingga membuka kesempatan kerja baru.(lev/JPNN)

JAKARTA- Meningkatnya permintaan bahan bakar nabati dunia, minyak sawit mengambil peran yang makin besar. Ketua GAPKI, Joesfly J Bahroeny, dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News