SBY: Jangan Setiap Isu Divoting

SBY: Jangan Setiap Isu Divoting
SBY: Jangan Setiap Isu Divoting
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyinggung pengambilan keputusan yang sering dilakukan dengan jalan pintas melalui mekanisme voting. SBY berpendapat, meski pemungutan suara tidak ditabukan dalam demokrasi, namun tidak semua isu tepat jika diselesaikan dengan mekanisme voting.

"Janganl ah setiap isu harus diputuskan dengan cara voting, apalagi kalau itu menyangkut kebenaran," kata SBY dalam peringatan Hari Konstitusi dan HUT MPR RI ke-66 di Gedung Parlemen, Jakarta (18/8).

Dia mencontohkan pengambilan keputusan dalam merumuskan kandungan konstitusi. SBY menyebut, UUD 1945 merupakan sebuah sumber yang penting dalam kehidupan bernegara. "Alangkah tidak tepatnya kalau mengambil jalan pintas agar segera diketuk palu, lantas materi-materi atau substansi yang fundamental begitu saja dilakukan voting," urai SBY.

Konstitusi, lanjutnya, merupakan milik rakyat. Begitu juga dengan kedaulatan. "Yang punya mandat adalah rakyat," katanya. Karenanya, rakyat juga mesti dilibatkan. "Jangan hanya dengan keinginan elit politik, apalagi dengan voting, lantas sebuah UUD begitu saja dilakukan perubahan-perubahan," tuturnya.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyinggung pengambilan keputusan yang sering dilakukan dengan jalan pintas melalui mekanisme voting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News