Jumat, 16 November 2018 – 20:44 WIB

Sebanyak 75 Ribu Sekolah Siap UNBK

Selasa, 06 Februari 2018 – 13:34 WIB
Sebanyak 75 Ribu Sekolah Siap UNBK - JPNN.COM

Siswa sedang mengerjakan soal UNBK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekira 75 ribu sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah kejuruan (SMK)/sekolah menengah atas (SMA) siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada April mendatang.

Namun, angka ini masih bisa bertambah.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembanan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Totok Suprayitno mengatakan, untuk tahun ini, kebijakan ujian nasional (UN) relatif sama.

Hanya saja jumlah peserta tahun ini meningkat sekitar 8,1 juta.

"Sampai 25 Januari, kami sudah mendapat laporan 75,55 persen dari 99 ribu sekolah siap UNBK. Pendataan masih berlanjut, kami berharap semakin banyak yang ke UNBK," terang Totok dalam rembuk nasional di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemendikbud, Depok, Selasa (6/2).

Untuk jenjang SMA ada 16 provinsi menyatakan 100 persen UNBK. Sedangkan jenjang SMP ada enam provinsi siap melakukan 100 persen UNBK. Untuk SMK ada 17 provinsi yang siap UNBK 100 persen.

"Kami tidak memaksakan, tapi kami terus berusaha mencari solusi, termasuk dengan sharing. Pembelian komputer baru bukan berarti untuk UNBK saja. Setelah itu, bisa dijadikan metode pelajaran," paparnya. (esy/jpnn)

SHARES
TAGS   UNBK
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar