Sedikitnya 6.000 Surat Suara Nyasar

Sedikitnya 6.000 Surat Suara Nyasar
Sedikitnya 6.000 Surat Suara Nyasar

jpnn.com - TEGAL - Sebanyak  6.000 lembar surat suara pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, nyasar ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal.

Hal itu diketahui, saat surat suara akan dimasukkan dalam sampul. Usai dicek, ternyata surat suara untuk pileg milik KPU Kota Tegal.
    
Menurut Divisi Logistik KPU setempat, Arisandi Kurniawan, peristiwa tersebut diketahui tiga hari lalu. Ribuan surat suara yang nyasar, tetap diamankan. "Kejadian ini dilaporkan ke pusat. Kamis mendatang seluruh surat suara yang nyasar akan kami ambil."
    
Lebih lanjut dia menjelaskan, nyasarnya surat suara tidak hanya terjadi di Daerah Pemilihan (Dapil) IX. Sebab peristiwa serupa terjadi di daerah lain. Pengirimin logistik pileg, termasuk di dalamnya surat suara akan dilakukan lima hari sebelum pencoblosan.

"Selanjutnya logistik dikirim ke PPK. Setelah itu ke KPPS, dan berikutnya langsung didistribusikan ke TPS di Kota Tegal, yang seluruhnya berjumlah 483, dengan jumlah pemilih 196.347," tambahnya.
    
Sementara itu, untuk memastikan pengadaan TPS di UPS dan Poltran, mahasiswa yang pada tanggal pencoblosan, memilih tidak pulang kampung halaman, maka sejumlah anggota KPU mendatangi kampus itu.
    
Tujuannya memastikan berapa jumlah mereka yang tetap di sini. Sedang mahasiswa Poltran, berasal dari luar daerah, dan menempuh pendidikan di Kota Tegal, sekitar 800 orang," tandas Ketua KPU Agus Wijanarko SH. (din)


TEGAL - Sebanyak  6.000 lembar surat suara pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, nyasar ke Komisi Pemilihan Umum


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News