Sejuta Lebih PNS tak Punya Rumah

Sejuta Lebih PNS tak Punya Rumah
Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa. Foto : Humas Kemenpera
JAKARTA - Meski pemerintah terus berupata meningkatkan kesejahteraan aparaturnya, namun fakta di lapangan masih banyak PNS yang tidak memiliki rumah. Kementerian Perumahan Rakyat mencatat ada sekitar 1,056 juta PNS tak punya tempat tinggal tetap.

Kebanyakan hanya tinggal di rumah yang tidak layak huni ataupun kos-kosan. "Ini sangat memprihatinkan. Bagaimana bisa aparatur kita bisa bekerja maksimal melayani publik kalau tempat tinggal saja tidak punya," kata Menpera Suharso Monoarfa kepada wartawan di sela-sela Rakornas perumahan rakyat di Hotel Sahid, Rabu (14/4).

Dia menegaskan, tugas penyediaan perumahan untuk PNS ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, melainkan juga sepenuhnya kewajiban daerah. "Pemda terutama kabupaten/kota harus menyiapkan lahan untuk pembangunan perumahan bagi PNS," ujarnya.

Agar PNS makin mudah mendapatkan perumahan, lanjut Suharso, pemda diminta memberikan insentif seperti tarif pengurusan IMB yang murah. Alasannya, dengan penyediaan lahan perumahan bagi PNS, pemda telah melakukan investasi. (esy/jpnn)


JAKARTA - Meski pemerintah terus berupata meningkatkan kesejahteraan aparaturnya, namun fakta di lapangan masih banyak PNS yang tidak memiliki rumah.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News