Selangkah Lagi, RI Menuju Investment Grade

Selangkah Lagi, RI Menuju Investment Grade
Selangkah Lagi, RI Menuju Investment Grade
JAKARTA - Lembaga pemeringkat Moody"s meningkatkan rating surat utang domestik dan luar negeri Indonesia dari Ba2 ke Ba1, dengan prospek stabil. Rating tersebut hanya terpaut satu tingkat menuju investment grade.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo optimistis kenaikan rating bisa mendorong bertambahnya investasi asing langsung di tanah air. "Kita kan merasakan FDI (foreign direct investment) yang meningkat karena profil Indonesia makin baik. Kalau ini dikukuhkan kenaikan rating, tentu ini signal positif, sehingga investor semakin optimis untuk investasi di Indonesia. Tapi tentu ini benar terasa dampaknya kalau sudah menjadi investment grade," kata Agus di kantornya, Senin (17/1).

Agar meraih investment grade, lanjut Agus, pemerintah akan terus memperbaiki kebijakan pengelolaan anggaran. Pengelolaan perekonomian dengan penjagaan inflasi juga diharapkan bisa segera mengantarkan Indonesia menuju peringkat paling bergengsi tersebut. Dengan kenaikan rating, pengelolaan utang juga diharapkan makin efisien.

Bank sentral optimistis Indonesia bisa meraih investment grade. "Saya berharap peringkat ini dapat terus meningkat menuju investment grade dalam satu tahun ke depan. Oleh karenanya kita perlu terus mengisi beberapa gap dengan negara-negara lain yang sudah lebih awal tergolong  pada investment grade," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution.

JAKARTA - Lembaga pemeringkat Moody"s meningkatkan rating surat utang domestik dan luar negeri Indonesia dari Ba2 ke Ba1, dengan prospek stabil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News