Seleksi CPNS Dipasrahkan ke PT

Seleksi CPNS Dipasrahkan ke PT
Seleksi CPNS Dipasrahkan ke PT
JAKARTA--Keinginan pemerintah dan DPR RI untuk mengembalikan seleksi penerimaan CPNS terutama penyusunan dan pemeriksaan soal ujian ke pusat, terbentur dengan aspirasi daerah. Pemda tetap bersikeukeuh pelaksanaan seleksi harus dilaksanakan di daerah dengan alasan hal ini sesuai dengan semangat otda.

"Karena usulan tersebut mendapat tantangan dari kepala daerah, panitia seleksi CPNS tetap diserahkan ke daerah," kata Deputi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bidang SDM Aparatur Ramli Effendi Naibaho pada JPNN, Senin (22/3).

Untuk mengurangi tingkat kecurangan, Kementerian PAN&RB bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional sedang memformulasikan mekanisme peraturan baru tentang seleksi CPNS. Nantinya yang akan menyusun soal  sekaligus memeriksa jawaban adalah perguruan tinggi (PT).

"Sebelumnya kan penyusunan soal dilakukan perguruan tinggi dengan LSM independen yang track record-nya baik. Sedangkan yang memeriksa pemda lewat sistem komputerisasi. Namun ternyata banyak sekali kecurangan yang timbul," tutur Ramli.

JAKARTA--Keinginan pemerintah dan DPR RI untuk mengembalikan seleksi penerimaan CPNS terutama penyusunan dan pemeriksaan soal ujian ke pusat, terbentur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News