Selfie di Makam Pahlawan

Selfie di Makam Pahlawan
Suasana di taman makam pahlawan Kalibata. FOTO: Natalia.

JAKARTA - Selfie di pantai atau pemandangan alam lainnya sudah biasa dilakukan orang-orang kebanyakan. Tapi selfie di kuburan pada pukul 00.25 WIB dini hari? Ini tentu bukan hal yang lazim dilakukan masyarakat. Namun, hal itu terjadi sepanjang Senin (17/8) dini hari di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Orang-orang yang berfoto ria dan selfie ini adalah para peserta upacara apel kehormatan untuk para pahlawan bersama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Para peserta upacara ini datang dari berbagai daerah di tanah air atas undangan Istana Negara. Mereka adalah petani, guru, buruh, dan perwakilan camat di beberapa wilayah. Mereka memakai baju putih dan bawahan berwarna hitam untuk membedakannya dari rombongan lainnya.

Ini pengalaman pertama bagi orang-orang tersebut mengikuti upacara dan renungan bersama presiden di TMP Kalibata. Karenanya, mengambil foto di tengah makam para pahlawan pun dianggap sebagai kegiatan berharga yang tidak boleh dilupakan.

"Enggak takutlah, kapan lagi bisa foto-foto di makam pahlawan. Enggak foto sama presiden enggak apa-apalah, yang penting foto di sini," ujar Ningtyas, guru dari Jawa Tengah pada JPNN. Ningtyas memang baru pertama kali ini mendapat undangan mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke 70.

Aksi foto-foto ini dilakukan para peserta usai upacara dan renungan. Ketika presiden meninggalkan tempat upacara, peserta lalu sibuk mencari tempat terbaik untuk mengambil gambar. Mereka mengabadikan momen bagus tersebut melalui kamera karena hasil gambarnya terlihat berbeda. Tidak tampak foto menyeramkan meski dilakukan di antara ribuan makam.

Hasil gambar berbeda karena setiap makam para pahlawan diberi lampu kecil warna-warni sehingga ketika menjadi latar foto akan terlihat suasana malam yang cantik dengan gemerlap lampu kecil.

"Bangga lah bisa foto-foto di sini. Nanti langsung bisa upload di facebook," ujar Ningtyas. Hingga pukul 01:00 WIB, para peserta masih larut dengan euforia foto-foto di makam para pahlawan tersebut. (flo/jpnn)


JAKARTA - Selfie di pantai atau pemandangan alam lainnya sudah biasa dilakukan orang-orang kebanyakan. Tapi selfie di kuburan pada pukul 00.25


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News