Semar, Mobil Superingan dan Superirit Made in UGM

Ingin Menempuh Jarak 1.000 Kilometer dengan Satu Liter

Semar, Mobil Superingan dan Superirit Made in UGM
Tim Semart meluncurkan Semar. Foto: Helmitianta/Radar Jogja
Sebuah mobil mini, ringan, dan sangat irit sedang disempurnakan pembuatannya oleh tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Shell. Mobil itu kemarin diuji coba di areal kampus tersebut.

  ------------------------------ --------

  LUTFI RAKHMAWATI, Jogja

  ------------------------------ --------

Nama mobil itu diambil dari tokoh pewayangan: Semar. Bentuknya mirip dengan butiran air, agak lonjong dan ujungnya agak runcing. Panjang mobil 2,7 meter. Tingginya tak sampai 1 meter, tepatnya 0,88 meter, dan lebar juga tak sampai 1 meter (0,88 meter).

Sekitar pukul 12.00 kemarin (17/3) mobil tersebut dipamerkan kepada publik di University Club (UC) UGM. Menurut rencana, Semar akan diikutkan lomba di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2010 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Juli mendatang. Selain UGM, perguruan tinggi seperti ITB, ITS, dan UI mengikuti ajang bergengsi tersebut. Ada dua jenis yang diperlombaan. Yaitu, kategori mobil futuristis dan mobil urban atau urban car. UGM akan mengikuti perlombaan kategori futuristis.

Sebuah mobil mini, ringan, dan sangat irit sedang disempurnakan pembuatannya oleh tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Shell.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News