Sembuhkan Orang Gila, Bripka Sahabuddin Naik Pangkat

Sembuhkan Orang Gila, Bripka Sahabuddin Naik Pangkat
Bripka Sahabuddin diapit istrinya, Sri Handayani dan Kapolres Barru, AKBP Burhaman. Foto: Idham Ama/Fajar

jpnn.com, BARRU - Aksi kemanusiaan Bhabinkamtibmas Polsek Tanete Riaja, Barru Sulawesi Selatan, Sahabuddin pantas diapresiasi. Sembuhkan orang gila, Sahabuddin dapat kenaikan pangkat dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Akhir pekan lalu, Sahabuddin diundang Kapolri makan siang. Tak cuma makan siang bersama Jenderal Tito, suami dari Sri Handayani itu diberikan penghargaan kenaikan pangkat dari Bripka ke Ipda. Pangkat perwira pertama itu diraih tanpa ujian, tanpa proses, dan tak pernah dia duga sebelumnya.

Kenaikan pangkat yang benar-benar kejutan. Sahabuddin hanya berniat menolong orang yang mengalami gangguan jiwa di daerah tempat tugasnya, Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Kini Sahabuddin telah menangani 20 orang gila,
16 di antaranya sudah sembuh.

Mereka yang sudah sembuh tak lagi terkucil dari keluarga dan masyarakat sekitar. Mereka telah kembali ke kehidupan normal.

Awal mula Sahabuddin mengabdikan diri mengurus orang gila terbilang unik. Dia mengaku pernah nyaris celaka gara-gara orang gila. "Saya mau diparangi, mau ditombak. Saya hampir celaka. Saat itulah saya niatkan menolong mereka," kata pria berbadan tegap ini kepada Fajar.

Berawal dari niat untuk menolong orang yang mengalami gangguan kejiwaan di wilayah tugasnya, dia pun mulai melakukan pendekatan dan pembinaan. Terutama pendekatan ke keluarga orang yang mengalami gangguan jiwa.

Orang gila yang ditangani Sahabuddin, rata-rata penyakitnya sudah kronis. Bahkan ada yang sudah lama dipasung. Untung Sahabuddin kala itu tidak menyerah.

Sahabuddin mengisahkan, setelah melakukan pendataan dan penanganan awal, dia pun mulai melakukan pendekatan secara medis. Untuk urusan ini, dia lagi-lagi mendapat hambatan. Terutama karena orang gila yang ditangani tak ada kartu BPJS. Dia lalu menguruskan kartu agar pengobatan medis bisa dilakukan.

Sahabuddin diundang makan siang bersama Kapolri dan kemudian mendapat kenaikan pangkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News