Senator Sumbar Ajak Pemuda Bersatu Bangun Indonesia

Senator Sumbar Ajak Pemuda Bersatu Bangun Indonesia
Nofi Candra. Foto: Humas DPD

jpnn.com, JAKARTA - Senator Sumatera Barat Nofi Candra meminta agar momentum Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober menjadi dasar bagi para pemuda untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Momentum Sumpah Pemuda tersebut juga diharapkan menjadi renungan bagi pemuda dalam perwujudan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Nofi mengatakan bahwa pemuda mempunyai peran yang besar bagi kemajuan bangsa dan negara. Sejarah mencatat bagaimana peran pemuda pemudi Indonesia dalam berjuang untuk kemerdekaan negara Indonesia.

“Tahun 1928 memberi pelajaran bahwa pemuda-pemusi yang tampil menjadi pelopor adalah mereka yang memiliki kesadaran besar, kesadaran tentang bangsa dan negaranya bukan hanya kesadaran tentang dirinya, bukan hanya kesadaran tentang etnisnya, bukan hanya kesadaran tentang agamanya,” ucapnya.

Nofi menambahkan bahwa tantangan pemuda saat ini adalah membangun Indonesia yang berkedaulatan pangan, kemandirian energi, kemandirian politik, kemandirian budaya, kemandirian ekonomi, kedaulatan budaya, politik, dan kedaulatan ketahanan.

“Karena itu pemuda saat ini tidak hanya menjadi pelopor didalam bangsanya sendiri tetapi harus menjadi pelopor Indonesia yang mampu berdiri tegak menjadi komunitas International,” imbuhnya.

Nofi berpesan agar pemuda Indonesia harus sadar dan melek sejarah perjuangan. Jangan mau dipolarisasikan oleh kepentingan jangka pendek apalagi sampai mempertaruhkan dasar bernegara, yaitu Pancasila.

“Wahai pemuda mari kita renungkan betul, makna dari Sumpah Pemuda untuk menjadikan kita pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi ditengah gelombang demokratisasi dan pragmatisme,” ucap Senator yang pernah menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Solok tahun 2011 ini.

Oleh karena itu, melalui momentum Sumpah Pemuda ini, Nofi mengajak seluruh pemuda dan seluruh masyarakat untuk berkomitmen dalam berprestasi dan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia yang dimulai dari pembangunan di daerah.

Pemuda mempunyai peran yang besar bagi kemajuan bangsa dan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News