Sepertinya Ada Hubungan Antara Muslim Cyber Army dan Saracen

Sepertinya Ada Hubungan Antara Muslim Cyber Army dan Saracen
Brigjen Rikwanto. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polri melihat adanya hubungan antara kelompok penyebar hoaks Muslim Cyber Army (MCA) dengan Saracen.

Karo Multimedia Divisi Humas Brigjen Rikwanto mengatakan, kini mereka menyelidiki keterkaitan MCA dan Saracen dalam menyebarkan hoaks. Pasalnya dari temuan sementara ada hubungannya.

"Nanti akan dijelaskan hubungan garis putus maupun garis sambung MCA dengan eks Saracen atau orang-orang yang diduga masuk Saracen tapi belum tertangkap,” kata dia di Jakarta, Sabtu (3/3).

Rikwanto menerangkan, penyebaran hoaks yang dilakukan MCA kebanyakan soal ulama dan menyerang pemerintah.

Sementara Saracen adalah kelompok penyebar berita hoaks dengan mengangkat ujaran kebencian bernuansa SARA. Kelompok ini membuat sejumlah akun Facebook, di antaranya Saracen News, Saracen Cyber Team dan Saracennewscom.

Saracen juga beberapa kali menyerang pemerintah di pemberitaannya dan sangat anti terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Kelompok ini ditangkap Dittipidsiber Polri pada September 2017 dan menetapkan Ketua Saracen, Jasriadi dan Sekretaris Presidium Alumni Aksi 212, Asma Dewi, sebagai tersangka. (mg1/jpnn)


Polri segera mengungkap garis putus maupun garis sambung Muslim Cyber Army dengan Saracen.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News