Sertifikasi Tingkatkan Nilai Komoditi

Sertifikasi Tingkatkan Nilai Komoditi
Sertifikasi Tingkatkan Nilai Komoditi
MATARAM--Tiga komoditi asal NTB saat ini tengah menjalani proses sertifikasi pangan. Sertifikasi tersebut penting untuk meningkatkan nilai komoditi di perdagangan nasional.  "Tiga komoditi itu buah naga, kentang, dan bawang merah," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) NTB Hj Husnanidiaty Nurdin, Minggu (9/12).

Disebutkan, buah naga berasal dari Lombok Tengah, kentang dari Sembalun, Lombok Timur, dan bawang merah dari Bima. Diperkirakan akhir Desember, sertifikasi dari komoditi tersebut akan keluar. "Tahapan untuk sertifikasi ini memang panjang," sambungnya.

Dijelaskan, menuju sertifikasi pangan, tahapan yang harus dilalui, pertama verifikasi oleh dinas Pertanian dan Holtikultura. Komoditi tersebut dikawal intens. Diperhatikan dari  lokasi, luas lahan, dan kualitas. Selanjutnya, komoditi disosialisasikan pada pemilik untuk dapat sertifikat.  "Komoditi tersebut didaftarkan ke BKP untuk dapat sertifikasi," urainya.

Setelah daftar, kata ibu yang akrab disapa Eny, komoditi itu akan dipantau, enam bulan sampai delapan bulan. Kalau komoditi itu memenuhi syarat, maka sertifikasi pangan dikeluarkan. Target tahun ini ada tiga komoditi yang dapat sertifikasi.

MATARAM--Tiga komoditi asal NTB saat ini tengah menjalani proses sertifikasi pangan. Sertifikasi tersebut penting untuk meningkatkan nilai komoditi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News