Sesak Nafas, Balita Meninggal

Sesak Nafas, Balita Meninggal
Sesak Nafas, Balita Meninggal
MAGELANG-- Aktifitas Gunung Merapi akhirnya memasuki fase erupsi, kemarin sore. Hal ini ditandai dengan munculnya awan panas disertai hujan abu hingga radius 40 km dari puncak merapi. Cuaca mendung yang menyelimuti gunung merapi seharian membuat warga dan petugas gagal mengantisipasi dampak letusan merapi.

Akibatnya, seorang balita berusia enam bulan bernama Ilham Azza meninggal dunia lantaran evakuasi telat dilakukan. Anak dari pasangan Sriyanto dan Romlah warga Dusun Gedangan Desa Ngargosoko ini akhirnya meninggal dunia akibat sesak nafas. "Saat evakuasi anak ini dalam gendongan saya. Sejak dari atas dia tidak mendapatkan masker," kata bibi korban, Trubus, kemarin malam.

Selain itu, sebanyak 21 warga lainnya juga dirawat di Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muntilan. Rata-rata mereka shock dan mengalami gejala gangguan pernapfasan akibat hujan abu. Korban yang dirawat didominasi oleh perempuan dan lansia yang berusia diatas 50 tahun.

"Hujan abu yang terjadi berada pada level yang cukup tinggi. Sehingga bagi mereka yang terkena dapat berakibat gangguan pernafasan. Untuk itu, mutlak harus mengunakan masker," kata Plt Dirut RSUD Muntilan, dr Sasongko, kemarin.

MAGELANG-- Aktifitas Gunung Merapi akhirnya memasuki fase erupsi, kemarin sore. Hal ini ditandai dengan munculnya awan panas disertai hujan abu hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News