Setahun 100 Ribu Kasus ISPA

Setahun 100 Ribu Kasus ISPA
Setahun 100 Ribu Kasus ISPA
BANJARMASIN - Kendati dijuluki sebagai paru-paru dunia, karena memiliki hutan tropis yang mampu menyuplai oksigen bagi masyarakat dunia, namun masalah penyakit pernapasan justru masih menjadi ancaman serius masyarakat yang tinggal di Kalsel.  Salah satu penyakit pernapasan yang masih menjadi ancaman adalah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan drg H Rosihan Adhani MS kepada Radar Banjarmasin mengatakan, berdasarkan data tahun 2010 tercatat lebih dari 100 ribu kasus ISPA terjadi di Kalsel. “ISPA memang masih menjadi ancaman bagi masyarakat di Kalsel. Tahun ini ada lebih dari 100 ribu kasus terjadi di Kalsel,” kata Rosihan.

Rosihan menjelaskan, data kasus penyakit ISPA dibagi dalam dua kategori. Pertama adalah ISPA dengan kategori sesak napas dan kedua adalah ISPA dengan kategori yang tidak disertai dengan sesak nafas. 

Untuk ISPA dengan sesak napas, data Dinkes Kalsel hingga bulan Oktober 2010 menyebutkan bahwa ada 1004 kasus yang tersebar di 13 kabupaten/kota. Sedangkan untuk ISPA bukan sesak napas tercatat sebanyak 119.350 kasus yang juga tersebar di 13 kabupaten/kota.

BANJARMASIN - Kendati dijuluki sebagai paru-paru dunia, karena memiliki hutan tropis yang mampu menyuplai oksigen bagi masyarakat dunia, namun masalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News