TKI Lintas Nunukan Dicek Kesehatan

TKI Lintas Nunukan Dicek Kesehatan
TKI Lintas Nunukan Dicek Kesehatan
TARAKAN – Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan, Musa Tarigan mengungkapkan, lantaran bekerja di luar negeri para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dimungkinkan menjadi perantara masuknya penyakit dari luar. Karenanya, KKP memproteksi dan mengawasi kesehatan TKI, baik yang datang maupun pergi dari Indonesia. Wilayah kerja KKP yang juga meliputi Nunukan, diinstruksikan melakukan pengawasan ketat terhadap para TKI yang lewat jalur perbatasan.

Terlebih ungkapnya, Nunukan merupakan salah satu jalur perbatasan masuknya TKI yang bekerja di negeri Jiran, Malaysia. Bahkan terbilang satu-satunya wilayah perbatasan Indonesia bagian utara dengan perkiraan ada ribuan pahlawan devisa negara itu bekerja di Malaysia.

“Selama ini begitu banyak warga negara Indonesia (WNI) yang keluar masuk dari Malaysia, termasuk Tawau. Selalu harus diperiksa, karena kita tidak boleh mengimpor dan mengekspor suatu penyakit,” kata Musa Tarigan.

Pengawasan dan pemeriksanaan khusus TKI sebutnya, dilakukan oleh dua petugas yang dilengkapi peralatan serta tenaga medis yang memadai. Pemeriksaan dan deteksi dini lewat stetoskop, juga melalui body clean dan termal scanner. Dokter dan perawat serta ambulans pun disiapkan antispasi jika kedapatan TKI suspek virus atau penyakit tertentu. Misalnya dinyatakan suspect salah satu penyakit PHIC (Public Health Emergency of International Concern).

TARAKAN – Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan, Musa Tarigan mengungkapkan, lantaran bekerja di luar negeri para Tenaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News