Si Raksasa asal Tiongkok Masuk Basketball Hall of Fame

Si Raksasa asal Tiongkok Masuk Basketball Hall of Fame
Yao Ming. Foto: AFP

jpnn.com - LOS ANGELES – Yao Ming berhasil menempatkan namanya dalam daftar Basketball Hall of Fame 2016. Mantan bintang Houston Rockets itu bersanding dengan nama beken seperti Shaquille O'Neal dan Allen Iverson.

Masuknya pria bertinggi 229 sentimeter itu tak lepas dari peran hebatnya menjadi jembatan NBA ke Asia. Dari segi prestasi maupun popularitas di AS, Yao mungkin masih kalah dibandingkan Shaq atau Iverson.

Tapi, Yao bisa membuat NBA ngehits di Tiongkok. Yakni ketika Yao masuk dalam Draft NBA 2002 di urutan pertama oleh Rockets. Lebih dari 200 juta masyarakat Tiongkok mulai menyaksikan aksi dia di layar kaca.

Berita tentang pria kelahiran Shanghai itu selalu menarik perhatian besar. Tak hanya di Tiongkok, tapi juga menular ke seluruh benua. Dia adalah brand ambassador utama NBA untuk Asia.

''Aku berharap tidak menjadi yang terakhir. Ini baru awal. Senang bisa menjadi jembatan untuk mengantar generasi (Asia) selanjutnya lebih dekat dengan NBA,'' '' kata Yao kepada ESPN, mengomentari masuknya dia ke Hall of Fame. (irr/jos/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News