Minggu, 18 November 2018 – 23:26 WIB

Sidak Swalayan, JKPD Lampung Temukan Anggur Berformalin

Sabtu, 09 Juni 2018 – 03:59 WIB
Sidak Swalayan, JKPD Lampung Temukan Anggur Berformalin - JPNN.COM

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Lampung menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar dan swalayan di Lampung, (7/6).

Alhasil, dari sidak ke Pasar Smep dan Pasar Bawah serta swalayan Ramayana di Jl. Raden Intan, Bandarlampung, tim menemukan 11 pieces buah anggur berformalin di swalayan Ramayana.

Kabid Ketahanan Pangan Oktovia Hafid mengatakan, anggur tersebut positif mengandung formalin setelah dilakukan uji lab yang dilakukan langsung oleh tim.

”Kita cek sampel itu positif berformalin. Ternyata ada 11 pieces,” ujarnya usai sidak di lingkungan Pasar Bawah Bandarlampung seperti dilansir Radar Lampung (Jawa Pos Group) hari ini.

Hafid mengaku saat itu langsung meminta pengelola swalayan menarik produk tersebut. ”Tadi sudah kita koordinasikan, dan barang tersebut langsung ditarik,” kata dia.

Sementara, di dua tempat lainnya yakni di Pasar Smep dan Pasar Bawah Bandarlampung tidak ditemukan makanan berformalin dan sayuran dengan residu pestisida melebihi ketentuan.

Selain melakukan sidak ketahanan pangan, tim yang dikoordinasi Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung ini juga memantau kondisi pasar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Kusnardi mengatakan, dari pemeriksaan di Pasar Smep Bandarlampung, memang tidak ditemukan bahan pengawet atau formalin.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar