Sinabung Menyembur, Warga Kabur

Sinabung Menyembur, Warga Kabur
Sinabung Menyembur, Warga Kabur
SINABUNG - Asap tebal disertai debu masih terlihat keluar dari kawah Gunung Sinabung, Sabtu (28/8). Akibatnya, ratusan warga dari lima desa di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Tanah Karo masih takut pulang ke rumah. Semburan debu dari mulut kawah cukup tinggi sehingga warga desa yang sebelumnya telah kembali dari pengungsian ke rumahnya menjadi panik.

Dari pantauan Sumut Pos (grup JPNN), semburan debu dan asap juga membuat desa menjadi gelap, jalan-jalan dipenuhi debu yang berbau sulfur (belerang), tanaman dihinggapi debu dan jarak pandang hanya 3-5 meter. Terkadang, semburan asap dan debu berhenti tapi aroma belerang tetap menyesakkan dada.

Kemarin, warga kembali meninggalkan rumah-rumah mereka menuju daerah daerah yang dianggap aman. Warga yang mengungsi umumnya dari Desa Sukanalu Kecamatan Naman Teran. Mereka mengungsi dengan perbekalan yang minim dan memboyong anak-anak dan orangtua. Warga yang lansia satu per satu tampak dibantu sanak keluarga menuju kendaraan yang akan membawa mereka  beranjak meninggalkan desa.

Angkutan umum dan mobil pribadi milik warga desa menjadi alternatif tumpangan menuju Kabanjahe, Berastagi sekitarnya. Gotong royong dan kekeluargaan terlihat jelas dalam proses pengungsian. Sementara sedikitnya 500 warga dari Desa Sigaranggarang, Kuta Rakyat, Bekerah  Simacem, Gutagugung dan Desa Suka Nalu, masih mengungsi di Pendopo Bupati Tanah Karo di Jalan Veteran, Brastagi.

 

SINABUNG - Asap tebal disertai debu masih terlihat keluar dari kawah Gunung Sinabung, Sabtu (28/8). Akibatnya, ratusan warga dari lima desa di Kecamatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News