JPNN.com

Soal Vaksin Covid-19, Menko Airlangga: Keselamatan adalah Hukum Tertinggi

Jumat, 23 Oktober 2020 – 20:18 WIB
Soal Vaksin Covid-19, Menko Airlangga: Keselamatan adalah Hukum Tertinggi - JPNN.com
Ilustrasi Vaksin Covid-19.Foto: Daily Sabah

jpnn.com, JAKARTA - Pengadaan dan pemberian vaksin tetap mengutamakan faktor kualitas dan keamanan. sebagai wujud komitmen pemerintah untuk mengutamakan keselamatan masyarakat.

Ini disampaikan oleh Ketua Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Airlangga Hartarto.

Menurutnya pengiriman vaksin dan pelaksanaan vaksinasi tergantung dari hasil uji klinis yang dilakukan masing-masing produsen vaksin.

Hal ini dikatakan Airlangga dalam talkshow bertema “Update KPC-PEN: Vaksin Covid-19, Protokol Kesehatan, Libur Panjang, dan Cipta Kerja," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut pada Kamis (22/10).

Menko Airlangga mengatakan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan memastikan keselamatan dan efektivitas kandidat vaksin tersebut untuk digunakan di Indonesia.

Tentunya dengan mengacu pada kaidah ilmiah keilmuan dan etis, sesuai pedoman WHO dan lelaksanaan vaksinasinya setelah mendapat perizinan dari BPOM.

“Keselamatan jiwa manusia adalah hukum tertinggi. Itu yang kami mengutamakan,” kata Menko Airlangga dalam acara yang digelar di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.

Menko Airlangga juga menjelaskan, sejauh ini telah terjalin kerja sama dengan empat produsen vaksin, yaitu Sinovac, Sinopharm/G42, Cansino, dan Astra Zeneca.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia