Soekarwo Sesalkan Omongan Sandiaga Kritik Jokowi

Soekarwo Sesalkan Omongan Sandiaga Kritik Jokowi
Gubernur Jatim Soekarwo.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Soekarwo menyesalkan omongan Sandiaga Uno yang membandingkan Presiden Joko Widodo dengan mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Menurut Gubernur Jawa Timur dua periode itu, tidak sepantasnya mengeluarkan pernyataan yang dinilai sudah di luar etika karena Sandiaga bagian pemerintahan.

"Pendapat saya selaku Ketua APPSI, tidak semestinya wakil gubernur menyampaikan kritik langsung kepada pemerintah karena beliau kapasitasnya selaku wakil pemerintah pusat dan arah kritiknya sudah di ranah politik praktis,” kata Soekarwo dalam keterangan persnya, Selasa (5/6).

Soekarwo Sesalkan Omongan Sandiaga Kritik Jokowi

Pria yang lekat dengan sapaan Pakde Karwo itu mengatakan, berdasarkan UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, wakil kepala derah bertanggungjawab kepada kepala daerah.

Dalam menjalankan tugasnya, wakil kepala daerah wajib menjaga etika dan norma serta secara struktural berada di bawah Menteri Dalam Negeri. Kata dia, Sandiaga perlu memahami semua hal tersebut, karena sudah menjadj bagian dari pemerintah.

Soekarwo juga menyampaikan bahwa Menteri Dalam Negeri membantu presiden mengurus pemerintahan di bidang otonomi daerah, administrasi wilayah, pembinaan pemerintahan daerah, kedudukan keuangan dan catatan sipil serta hal-hal yang menyangkut urusan wakil pemerintah pusat yang ada daerah. Mendagri juga mengkoordinasikan pemerintahan yang ada di daerah termasuk pemerintah kabupaten/kota.

"Karena itulah, maka segala sesuatu yang terkait permasalahan pemerintah daerah harus dikonsultasikan dan dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri sebagai atasan langsung", ujar nya.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Soekarwo menyesalkan omongan Sandiaga Uno yang mengkritik Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News