Soroti Fenomena Pamer Harta, TGB: Sikap Takabur dan Ria Bisa Mendatangkan Kehancuran

Soroti Fenomena Pamer Harta, TGB: Sikap Takabur dan Ria Bisa Mendatangkan Kehancuran
Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi. (ANTARA/Nur Imansyah)

jpnn.com, MATARAM - Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi khawatir fenomena pamer harta di ruang publik bisa mendorong generasi muda memiliki cara pandang yang salah, yakni krediblitas dan status sosial ditentukan dari materi.

Menurut TGB Zainul Majdi, pandangan bahwa kredibilitas dan status sosial ditentukan oleh materi bisa mendorong orang berusaha mendapatkan materi tanpa melalui proses yang baik. 

"Sebagian dari anak muda yang ingin kaya menggunakan jalan pintas, dengan menipu orang lain," katanya sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Senin (14/3). 

Menurut ajaran agama, kata TGB Zainul Majdi, sikap takabur dan ria bisa mendatangkan kehancuran.

"Ada yang lebih esensial (dari materi), ketenangan hati, kenyamanan dalam kehidupan. Ketenangan jiwa dan batin, serta rasa kecukupan dalam setiap keadaan," katanya.

Dia menjelaskan bahwa Islam mengajarkan kaidah tidak melakukan sesuatu yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. "Jangan ada transaksi yang merugikan orang lain," tegasnya. 

TGB Zainul Majdi menekankan  pentingnya proses dalam upaya pencapaian tujuan, dan arti penting pengetahuan dan pemahaman sebagai dasar dalam melakukan tindakan. 

"Mengerti akan perubahan yang terjadi, tidak menerima secara pasif. Dengan begitu generasi muda tak akan mudah terpedaya cara-cara seperti ini," katanya merujuk pada praktik penipuan yang dilakukan oleh afiliator platform investasi ilegal. (antara/jpnn)

TGB Zainul majdi menyoroti soal pamer harta di ruang publik. Dia menegaskan bahwa menurut ajaran agama, sikap takabur dan ria bisa mendatangkan kehancuran.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News