JPNN.com

Sosok Jokowi-Ma'ruf Amin Signifikan Memengaruhi Keterpilihan Gibran, Bobby, dan Siti

Jumat, 20 Desember 2019 – 14:43 WIB
Sosok Jokowi-Ma'ruf Amin Signifikan Memengaruhi Keterpilihan Gibran, Bobby, dan Siti - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nama besar Jokowi sebagai orang nomor satu di Indonesia, dinilai sangat signifikan memengaruhi keterpilihan putra sulungnya, Gibran Rakabuming, dan menantunya Bobby Nasution di Pilkada 2020.

Gibran disebut berencana maju di Pilkada Solo‎ 2020, sementara Bobby di Pilkada Medan, Sumatera Utara.

"Saya kira cukup signifikan kalau mereka maju saat ayah mereka masih berkuasa. Artinya, ada pengaruh cukup signifikan keterpilihan mereka oleh rakyat," ujar Ramses kepada jpnn.com, Jumat (20/12).

Meski pengaruh Jokowi cukup signifikan, Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API), ini belum berani menyebut Gibran dan Bobby bakal memenangi Pilkada Surakarta dan Kota Medan. Menurutnya, masih perlu dilakukan survei terlebih dahulu. 

"Soal menang itu masih harus dilakukan survei, tetapi sekurang-kurangnya mereka punya fasilitas politik yang memadai," ucapnya. 

Dosen di Universitas Mercu Buana itu juga menyebut hal yang sama berlaku jika putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, benar bakal bertarung di Pilkada Tangerang Selatan, Banten.

"Saya kira di sana juga ada pengaruh ketokohan ayahnya sebagai wapres, hal itu bisa memengaruhi akar rumput. Lagi-lagi ada pengaruh siginifikan untuk memenangi pertarungan politik lokal," pungkas Ramses. (gir/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha