Strategi BRI Menerapkan Prinsip ESG di Setiap Langkah Bisnis

Strategi BRI Menerapkan Prinsip ESG di Setiap Langkah Bisnis
BRI menyebut keberlanjutan bisnis berdasarkan ESG atau sustainable finance menjadi salah satu perhatian utama investor untuk berinvestasi. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Manajemen Risiko PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Agus Sudiarto mengungkapkan keberlanjutan bisnis berdasarkan ESG atau sustainable finance menjadi salah satu perhatian utama investor untuk berinvestasi.

Oleh karena itu BRI berkomitmen menerapkan prinsip ESG atau Environmental, Social, and Governance.

ESG merupakan salah satu jawaban bisnis keuangan perbankan berkelanjutan.

“Selain itu perseroan memahami prinsip ESG sebagai standardisasi yang digunakan perusahaan dalam menjalankan kegiatan bisnis dan operasional untuk mencapai kinerja yang berkelanjutan,” kata Agus dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (23/10).

Mengutip Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendefinisikan sustainable finance sebagai dukungan menyeluruh dari industri jasa keuangan untuk pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Agus menegaskan DNA BRI adalah UMKM, titik fokus perbankan pelat merah itu berada di social dan governance.

"Karena memang sejak BRI hadir pada 1895, jadi dari awal pendiriannya memang dikhususkan untuk membantu masyarakat kecil, dan kita ada di sana sejalan dengan sustainable finance,” kata Agus.

Menurut Agus, implementasi ESG pada portofolio keuangan BRI saat ini tidak hanya menggunakan pendekatan tradisional pada fundamental kinerja keuangan. Namun, sudah membubuhkan unsur-unsur penilaian assessment atas prinsip-prinsip tersebut.

Direktur Manajemen Risiko PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Agus Sudiarto mengungkapkan keberlanjutan bisnis berdasarkan ESG atau sustainable finance menjadi salah satu perhatian utama investor untuk berinvestasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News