Sucipto Terjerumus Mulut Manis Sang Kiai, Ternyata..

Sucipto Terjerumus Mulut Manis Sang Kiai, Ternyata..
Polisi memborgol pelaku. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, BANYUWANGI - M. Sucipto (39) warga Desa Setail, Banyuwangi, Jatim menjadi korban penipuan akibat tergiur iming-iming mendapatkan ilmu kanuragan dan kayu jati gelondongan, 

Dia harus kehilangan uang puluhan juta rupiah. Pelakunya Imam Muhtadi (55) warga Desa Antigoro, Kecamatan Sumbersari, Jember.

Kejadian yang dialami Sucipto berawal dari perkenalannya dengan Imam Muhtadi pada awal Desember 2020. Saat itu, pelaku awalnya meminta sumbangan untuk santunan anak yatim kepada korban.

Mereka pun semakin akrab, hingga akhirnya pelaku mengaku kenal dengan seorang kiai yang bisa memberikan ilmu kanuragan kepada korban.

“Pelaku mengaku kiai kenalannya bisa memberikan ilmu mengikat bumi/jagat pada korban. Pelaku juga menyampaikan pada korban kiai kenalannya akan memberinya kayu jati glondongan jika bisa membantu kiai yang dimaksud,” ujar  Kapolsek Genteng AKP Sudarmaji.

Entah mengapan, korban percaya begitu saja dengan omongan pelaku dan memberikan uang tunai Rp50 juta kepada pelaku.

Seiring waktu berjalan, korban berusaha mencari tahu tentang kiai yang dimaksud oleh pelaku.

“Setelah dilakukan pengecekan kiai yang dinyatakan oleh tersangka ternyata tersangka itu sendiri. Atas kejadian tersebut pelapor merasa dirugikan dan melapor ke Polsek Genteng,” tegasnya.

hingga akhirnya pelaku mengaku kenal dengan seorang kiai yang bisa memberikan ilmu kanuragan kepada korban.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News