Suhu Tinggi Di Kabanjahe

Suhu Tinggi Di Kabanjahe
Suhu Tinggi Di Kabanjahe
MEDAN -- Tingginya suhu udara di kawasan Kabanjahe, menurut Kepala Bagian Data Dan Indormasi Badan Meteorolgi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Sumut, disebabkan karena kepulan asap yang terjadi akibat aktivitas magma Gunung Sinabung.

"Kepulan asap yang keluar, ditambah lagi dengan lava pijar membuat suhu udara naik. Terutama di area kawasan Gunung Sinabung sendiri dan merembet ke daerah yang dekat dengan gunung itu termasuk juga Kabanjahe dan Berastagi. Untuk suhu normal, pada prinsipnya setiap daerah berbeda-beda. Bisa jadi, suhu yang dirasakan sekarang di Kabanjahe yang mencapai 34 derajat celsius merupakan suhu yang berada di atas normal," ujarnya.

Ditambahkannya, faktor penyebab suhu udara tinggi  yang mengitari area Kabanjahe, disebabkan adanya angin yang membawa kepulan asap yang "ditunggangi" partikel panas. "Sebenarnya, tergantung kekuatan angin yang membawa hingga ke Kabanjahe. Kalau anginnya tidak kuat, maka tidak sangggup menghantarkannya ke atas daerah Kabanjahe. Berarti selama ini, angin yang bertiup ke Kabanjahe sangat kuat sehingga mampu membawa kepulan asap tersebut, kemudian membentuk awan dan parahnya lagi, bertahan di kawasan tersebut," terangnya.

Namun, sambungnya, bagi masyarakat di Medan tidak perlu khawatir. Karena, kemungkinan akan menimbulkan suhu udara yang panas di Medan relatif tidak ada.

"Tidak sampai ke Medan. Jadi masyarakat Medan tetap bisa nyaman," tuturnya.

MEDAN -- Tingginya suhu udara di kawasan Kabanjahe, menurut Kepala Bagian Data Dan Indormasi Badan Meteorolgi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News