Sultan HB X Kesengsem Laskar Pelangi

Sultan HB X Kesengsem Laskar Pelangi
Sultan HB X Kesengsem Laskar Pelangi
JAKARTA- Diam-diam Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X 'kesengsem' dengan film Laskar Pelangi, yang kini tengah diputar di berbagai bioskop di seluruh Indonesia. ''Film itu sangat bagus, kalau bisa sempatkan nonton film itu,'' kata Sultan kepada JPNN di Jakarta, Sabtu (27/9).

Saking senengnya terhadap film itu, Gubernur yang sudah mau habis masa jabatannya itu mengaku sudah dua kali nonton di bioskop. Apa yang membuat seneng, ada bintang favoritnya? ''Film itu bagus. Dan saya sejak dulu memang menyukai film-film bertemakan pendidikan,'' jelas Sultan.

Menurut Sultan, film itu menggambarkan betapa sulitnya orang miskin bisa mengenyam bangku sekolah dibandingkan dengan orang mampu. '' Film ini bisa menjadi cerminan masyarakat Indonesia tentang bagaimana pendidikan di negeri ini,'' jelas Sultan. Untuk menunjukkan apresiasinya terhadap film tersebut, Sultan mengaku sudah mengundang kru film tersebut ke Jogja. ''Semua datang, sutradara maupun penulisnya datang. Kami lama berdiskusi dengan mereka.''

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di pulau Belitung yang penuh dengan keterbatasan. Mereka adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Harun.

JAKARTA- Diam-diam Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X 'kesengsem' dengan film Laskar Pelangi, yang kini tengah diputar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News