Surat Suara Rusak Bertambah

Surat Suara Rusak Bertambah
Surat Suara Rusak Bertambah

jpnn.com - CILEGON – Pada hari ketiga penyortiran dan pelipatan kertas surat suara calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Cilegon, terdapat penambahan surat suara yang rusak. Bila sebelumnya terdapat 14 surat suara rusak, sampai kemarin sore sudah bertambah menjadi 45 lembar yang rusak.

Pokja Logistik KPU Cilegon Irfan Alfi mengatakan, berdasarkan temuan para petugas, kerusakan suara beragam, baik karena sobek, buram, hingga terdapat bercak-bercak tinta sisa pencetakan.

“Kebanyakan sih ada bercaknya. Anehnya bercak-bercak itu adanya di lambang dan nama partai, serta nama caleg. Ini kita nyatakan cacat,” jelas Irfan, Sabtu  (22/2).

Irfan mengatakan, sampai kemarin pihaknya sudah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk caleg DPRD Cilegon dari daerah pemilihan (dapil) IV yang meliputi Kecamatan Jombang dan Purwakarta.

“Bahkan kita sudah mulai sedikit menyortir dan melipat surat suara dari dapil III (Kecamatan Grogol dan Pulomerak). Totalnya sudah mencapai 55.000 surat suara atau 55 boks yang sudah dilipat,” kata Irfan.

Diketahui, KPU Cilegon mendapatkan jatah sebanyak 274.269 lembar surat suara untuk DPRD Cilegon, serta masing-masing 274.264 untuk surat suara caleg DPRD Banten, DPR RI, dan DPD. Irfan berharap bisa menyelesaikan penyortiran dan pelipatan kertas surat suara itu dalam waktu 15 hari.

“Kami melibatkan warga sekitar dari Lingkungan Pekuncen dan Lingkungan Palas yang sudah terbiasa melipat surat suara,” ujarnya.

Terkait surat suara yang rusak, lanjut Irfan, berapa pun jumlahnya akan tetap dibuatkan berita acara sebagai bahan pelaporan ke KPU pusat. Ia khawatir bila jumlah surat suara yang rusak terus bertambah. Ini karena berdasarkan data terakhir, jumlah pemilih di Kota Cilegon juga terus mengalami penambahan.

CILEGON – Pada hari ketiga penyortiran dan pelipatan kertas surat suara calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Cilegon, terdapat penambahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News