Suzuki Ertiga 2018 Lebih Irit, Ini Penjelasannya

Suzuki Ertiga 2018 Lebih Irit, Ini Penjelasannya
Suzuki Ertiga 2018 di helatan IIMS 2018. (Foto: ridho/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Suzuki Ertiga 2018 hadir dengan banyak ubahan signifikan, tidak saja pada desain tapi juga penyempurnaan performa hingga tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Kendati memiliki dimensi lebih panjang 130 mm, lebar 40 mm dan tinggi 5 mm, namun Ertiga 2018 diklaim sangat irit dari generasi sebelumnya.

"Suzuki Ertiga terbaru ini untuk transmisi manual kita sudah lakukan pengujian bersama BT2MP 18,09 kilometer per liter ini lebih baik dari Ertiga generasi sebelumnya 17,51 kilometer per liter. Untuk transmisi matik hasilnya Ertiga 2018 16,73 kilometer per liter," kata Head of 4W Product Development and Accessories PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yulius Purwanto, Jakarta, Kamis (26/4).

Peningkatan efisensi bahan bakar yang dihasilkan Ertiga 2018, lanjut Yulius ditunjang dari sejumlah ubahan signifikan, antara lain dengan paltform baru Heartect, bobot Ertiga 2018 bisa dipapas hingga 50 kg.

Sederhananya, Yulius menjelaskan Heartect sendiri merupakan rekonfigurasi terhadap sambungan plat-plat yang tadinya berbentuk kotak kini dibuat semi segitiga.

"Kemudian poinnya, platform Heartect lebih sedikit menggunakan baja dan sambungannya juga semakin sedikit karena berbentuk semi segitiga."

"Di mana secara teori, setiap pengurangan 100 kg akan mengurangi beban konsumsi bahan bakar sekitar 5-6 persen. Maka, dengan platform baru pengurangan bobot dari generasi lama sebesar 50 kg maka nilai efisiensi bahan bakar yang didapat sekitar 3 persen," pungkas Yulius.

Selain itu, efisiensi Ertiga 2018 juga ditunjang berkat perubahan pada rasio final gear. Perubahan ini diharapkan konsumen Ertiga tetap mendapatkan tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih irit namun dengan tenaga dan torsi lebih baik. (mg8/jpnn)


Suzuki Ertiga 2018 hadir dengan banyak ubahan, tidak saja pada desain tapi juga penyempurnaan performa hingga tingkat konsumsi bahan bakar lebih efisien.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News