Tanggul Jebol, Puluhan Ribu Rumah Terendam

Tanggul Jebol, Puluhan Ribu Rumah Terendam
Tanggul Jebol, Puluhan Ribu Rumah Terendam
BREBES- Akibat tanggul sejumlah sungai besar jebol, membuat banjir bandang menegpung wilayah Kabupaten Brebes bagian utara, sejak Sabtu (31/12). Puluhan ribu rumah warga di empat Kecamatan terendam hingga ketinggian 1,5 meter. Banjir juga menyebabkan fasilitas umum dan lahan pertanian warga ikut tergenang. Bahkan arus lalu lintas di sepanjang jalur pantura Tanjung sempat terhambat karena tergenang air. Akibat banjir juga menyebabkan ribuan keluarga di 18 desa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Data yang berhasil dihimpun menyebutkan, di Kecamatan Tanjung Banjir banjir itu disebabkan akibat meluapnya sungai Ciapit, Kabuyutan dan sungai Babakan yang diguyur hujan terus-menerus. Air yang meluap menggenangi sebagian wilayah Kecamatan Tanjung, Losari, Kersana dan Banjarjo.

Di Kecamatan Tanjung banjir menggenangi Desa Lemahabang sebanyak  1.570 KK, Desa Luwungbata sebanyak 792 KK, Desa Sidakaton 85 KK, Desa Karangreja 475 KK, Desa Tengguli 417 KK, Desa Sengon 4.175 KK, Desa Kemurang Wetan 8.006 KK dan Desa Tegongan sebanyak 300 KK serta Kramatsampang 1000 KK. Begitu juga rumah warga desa di tiga kecamatan lainnya yang ikut terendam banjir. Yakni di Kecamatan Losari melipuati Desa Kecipir, Kersana meliputi Desa Limbangan. Tak hanya pemukiman penduduk, banjir juga meluluhlantahkan lahan pertanian bawang merah milik warga hingga ribuan hektare.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Drs HM Supriyono melaporkan, warga yang berhasil didata total ada 11.240 keluarga terdiri dari 46.726 jiwa terhambat aktivitasnya akibat banjir. "Desa Kecipir, Losari menjadi daerah terparah bahkan membuat posko darurat. Di situ ada satu pedukuhan, Dukuh Blangko namanya, yang terisolir. Kami harus menggunakan perahu untuk mengevakuasi warga," ujarnya.

BREBES- Akibat tanggul sejumlah sungai besar jebol, membuat banjir bandang menegpung wilayah Kabupaten Brebes bagian utara, sejak Sabtu (31/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News