Tawaran Dr M ke Jokowi demi Tuntaskan Perbatasan Malaysia-RI

Tawaran Dr M ke Jokowi demi Tuntaskan Perbatasan Malaysia-RI
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, BOGOR - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menawarkan solusi demi mengatasi persoalan perbatasan negaranya dengan Indonesia yang belum selesai. Tawaran itu merupakan salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan politikus senior Malaysia tersebut dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat pada Jumat (29/6).

Mahathir menawarkan solusi berupa konsep yang telah dilakukan Malaysia dengan Thailand. Yakni kerja sama pengembangan kawasan perbatasan yang saling menguntungkan.

"Kita perlu terima bahwa perlu ada perkongsian antara Indonesia dengan Malaysia sebagaimana Malaysia mengadakan perkongsian dengan Thailand. Di mana kami mengadakan joint development," ucap Mahathir. 

Namun, Menteri Luar Negeri RI Retno P Marsudi belum mengkaji konsep yang ditawarkan Mahathir. Dia hanya menyatakan bahwa Indonesia memang memiliki batas darat dan laut terpanjang dengan Malaysia.

Menurut Retno, pemerintah Indonesia menginginkan kedua negara fokus menyelesaikan batas yang telah sepakati bersama dan yang belum. Karena itu, pembicaraan mengenai persoalan tersebut akan diintensifkan.

"Perlu upaya untuk segera mengintensifkan negosiasi supaya ada hasilnya. Beberapa titik garis yang sudah disetujui itu kita usulkan untuk diformalkan sehingga akan kelihatan mana yang selesai mana yang belum," ujarnya.(fat/jpnn)


Mahathir menawarkan solusi berupa konsep yang telah dilakukan Malaysia dengan Thailand. Yakni kerja sama pengembangan kawasan perbatasan saling menguntungkan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News