Tawarkan Indonesia Timur ke Malaysia

Tawarkan Indonesia Timur ke Malaysia
Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Industri (MITI) Malaysia, Datok Seri Mustapa Mohamed. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - MENTERI Perdagangan Luar Negeri dan Industri (MITI) Malaysia, Datok Seri Mustapa Mohamed beberapa waktu lalu melakukan lawatan kenegaraan ke Indonesia. Tentu bukan kali ini saja pria kelahiran Kampung Badak, Bachok, Kelantan  tahun 1955 itu berkunjung di Indonesia. Demi membidik peluang kerjasama di bidang ekonomi, Tok Pa -demikian Mustapa biasa disapa-  sudah berkeliling di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung.

“We need to close with Indonesia. Let’s work together,” tutur pria yang murah senyum ini saat berjumpa dengan JPNN, Senin (25/11).

Ia tak hanya menemui pejabat tinggi di negeri ini. Pejabat negeri jiran yang juga dikenal sering "blusukan" itu juga menyambangi Pasar Tanah Abang. Di Pasar Tanah Abang, Tok Pa mengaku tertarik dengan kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara itu.

Karenanya begitu tiba di Jakarta Sabtu (23/11) lalu, keesokan harinya Tok Pa langsung minta diantarkan ke Tanah Abang.  “Banyak kawan saya yang datang ke Tanah Abang untuk berbelanja, jadi saya ingin melihat juga bagaimana usaha-usaha ini di sini untuk investasi ke depan,” papar menteri yang juga berteman dekat dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tu.

Di Tanah Abang, ia pun mengobati rasa penasarannya pada Blok G yang baru saja direnovasi oleh Pemprov DKI Jakarta. Tok Pa kagum karena Tanah Abang yang sebelumnya terkenal macet, kini lebih rapih setelah para pedagang direlokasi ke lapak baru.

Di sela-sela berbagai kegiatannya selama di Jakarta, Tok Pa menyempatkan diri diwawancarai Nathalia Laurens dari JPNN. Sebagai petinggi negeri di Malaysia, Tok Pa tetap terlihat santai, ramah dan tak mau membuat jarak dengan media. Berikut kutipan wawancara dengannya di sebuah hotel di pusat Kota Jakarta;
 
Anda sudah berkunjung ke Blok G Tanah Abang,  kesan apa yang Anda dapatkan? Apa ingin membuka peluang kerjasama  UMKM seperti ini di Malaysia?

Pertama, saya ikuti perkembangan di Tanah Abang  di mana pengusaha-pengusaha yang dulunya di tepi jalan sekarang  dipindahkan ke Blok G. Ini suatu usaha yang saya ingin lihat sendiri. Bagaimana itu dapat dilakukan. Bukan hanya untuk bisa kurangi macet tapi juga memberikan tempat selamanya untuk para pedagang ini.  Saya ingin sekali lihat bagaimana ini dilaksanakan. Kemudian saya dengar ada warga Malaysia, kawan-kawan yang datang ke Jakarta dan berbelanja di Tanah Abang jadi saya ingin melihatnya. Saya di Tanah Abang ini tidak hanya sekadar melihat tapi juga ingin tahu bagaimana bisnis di Tanah Abang yang juga dipenuhi oleh orang-orang Malaysia. Saya dengar banyak pengusaha-pengusaha Malaysia yang membeli barang dari Tanah Abang kemudian dijual lagi ke Malaysia.

Mereka biasanya dari Malaysia begitu tiba di Jakarta langsung ke Tanah Abang, beli produk dan dan langsung dijual. Melihat ini saya sebagai menteri yang juga bergerak di bidang ekonomi mengikuti perkembangannya. Saya ke sini juga karena ingin melihat kemajuan UMKM di Jakarta. Banyak usahawan yang gigih berusaha. Itulah kenapa saya  melawat ke Blok G Tanah Abang.

MENTERI Perdagangan Luar Negeri dan Industri (MITI) Malaysia, Datok Seri Mustapa Mohamed beberapa waktu lalu melakukan lawatan kenegaraan ke Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News