Temui Iwan Fals, Upaya Jokowi Perbaiki Komunikasi Politik

Temui Iwan Fals, Upaya Jokowi Perbaiki Komunikasi Politik
Temui Iwan Fals, Upaya Jokowi Perbaiki Komunikasi Politik

jpnn.com - JAKARTA --  Calon presiden dari PDIP Joko Widodo bertandang ke kediaman Iwan Fals, Kamis (3/4) malam. Beragam spekulasi bermunculan terkait kunjungan itu.

Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai pertemuan itu sebagai upaya Joko Widodo untuk memperbaiki komunikasi politiknya. Menurutnya, hal tersebut patut diapresiasi.

“Apa yang dilakukan Jokowi dengan mengunjungi rumah Iwan Fals saya nilai sebagai langkah untuk memperbaiki komunikasi politiknya yang buruk selama ini," ujar Hendri.

Hendri pun menganggap positif mengenai sikap Jokowi yang mengaku menjunjung budaya, khususnya musik saat bertemu Iwan. Menurut Hendri, budaya adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan bernegara.

"Dan Iwan Fals merupakan tokoh budaya di Indonesia. Jadi, Iwan Fals adalah sumber berbagi pengalaman yang tepat untuk Jokowi,” kata Hendri.

Saat ditanya, mungkinkah Jokowi ingin melakukan penggalangan massa melalui ribuan fans fanatik Iwan Fals yang tergabung dalam komunitas Orang Indonesia (Oi), menurut Hendri, itu bisa saja terjadi.

Yang jelas, kata Hendri, pertemuan dengan Iwan Fals merupakan langkah cerdas yang pria yang juga Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Apakah itu bentuknya sebagai penggalangan massa melalui fans Iwan Fals, itu bisa saja,” papar pria jebolan Universitas Indonesia ini. (boy/jpnn)

JAKARTA --  Calon presiden dari PDIP Joko Widodo bertandang ke kediaman Iwan Fals, Kamis (3/4) malam. Beragam spekulasi bermunculan terkait


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News