Teras Teratas, Hanya Terpaut 3 Persen

Teras Teratas, Hanya Terpaut 3 Persen
Teras Teratas, Hanya Terpaut 3 Persen
PALANGKA RAYA -- Pasangan Agustin Teras Narang-Diran memperoleh suara terbanyak dalam pemilukada gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), yang pemungutan suaranya digelar kemarin (5/6). Hanya saja, berdasarkan perhitungan cepat (Quick Count) yang diselenggarakan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bekerjasama dengan Citra Publik Indonesia (CPI), selisih suara Teras-Diran hanya terpaut tiga persen dengan perolehan suara pasangan Achmad Amur-Baharuddin H Lisa yang menempati urusan kedua.

Berdasarkan perhitungan cepat LSI, Teras-Diran mendapatkan 41,35 persen suara, sedang Amur-Bahar meraih 38,09 suara. Sebagai perbadingan, hasil perhitungan cepat Metro TV, Teras-Diran mendapatkan 41,17 suara dan Amur-Diran 38,59 suara.

Direktur Eksekutif  LSI Denny JA menyebutkan selisih antara pasangan ini dengan pasangan Amur-Bahar yang hanya sekitar 3 persen menjadikan hasil  tersebut sangat rentan berujung ke pengadilan. "Berdasarkan pengalaman bahwa gugatan ke Mahkamah Konstitusi kerap terjadi dalam selisih perolehan suara yang sangat kecil ini. Oleh karena itu, saya mengimbau agar tiap-tiap tim sukses pasangan dua teratas agar benar-benar mengamankan  perolehan suara pasangan yang diusung," ujar Denny JA kepada wartawan di Imperial Room Hotel Aquarius, kemarin (5/6).

Dia tegaskan, hasil perhitungan cepat yang dilakukan oleh LSI bekerjsama dengan CPI ini, bukan merupakan hasil resmi Pemilukada Kalteng. Karena, kata dia, untuk hasil akhirnya tetap merupakan kewengan dan otoritas KPU dalam menetapkan pemenangnya. "Yang kita lakukan melalui Quick Count ini hanyalah memenuhi hasrat masyarakat yang ingin segera mengetahui hasil Pemilukada. Kalau harus menunggu dari lembaga resmi tentunya waktunya agak lama," ungkap Denny, didampingi Executive  Director Citra Publik Indoensia  I. Handrasmo MA.

PALANGKA RAYA -- Pasangan Agustin Teras Narang-Diran memperoleh suara terbanyak dalam pemilukada gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), yang pemungutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News