Terminal Internasional Bandara Banyuwangi Hampir Kelar

Terminal Internasional Bandara Banyuwangi Hampir Kelar
Penumpang turun dari pesawat di Bandara Banyuwangi. Foto: SHULHAN HADI/RADAR BANYUWANGI/JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Pembangunan terminal internasional Bandara Banyuwangi hampir kelar. Meski sempat diragukan karena tenggat waktu yang sangat singkat, proses penambahan bagian gedung tamu VIP yang semula aset Pemkab Banyuwangi, menjadi gedung terminal Internasional Bandara Banyuwangi, ternyata bisa berjalan sesuai rencana.

Doni Jefriyanto, salah satu pengawas pekerjaan Terminal Internasional Bandara Banyuwangi menyebutkan, hingga saat ini sejumlah pekerjaan seperti plafon dan sejumlah item sudah selesai. Pekerjaan yang belum selesai tinggal pemasangan kanopi tambahan di depan terminal.

Untuk mempercepat pekerjaan, pihak pelaksana proyek menambah petugas. Banyak pekerja dikerahkan, terutama untuk bagian finishing. ‘’Tinggal 10 persen,” terang Doni Jefriyanto.

Menurutnya, dari sisi persiapan sipil gedung tersebut, semua berjalan lancar. Perlengkapan keimigrasian dan bea cukai juga sudah siap.

Doni menyebutkan, penempatan mesin X-Ray sebagai pendeteksi barang bawaan yang masuk terminal Internasional tersebut juga sudah final. Perlengkapan berupa pintu otomatis juga sudah selesai. ‘’Pintu sensor sudah dipasang,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Perhubungan Banyuwangi, Ali Ruchi mengungkapkan, pihaknya menyambut baik rencana pembukaan penerbangan internasional di Bandara Banyuwangi itu. Pihak Dishub Banyuwangi telah berkoordinasi dengan PT Damri, terkait dukungan armada penjemputan dan pengantaran menuju titik luar bandara.

Ruchi berharap, nanti wisatawan Malaysia atau yang berangkat dari Kuala Lumpur (KL) bisa memanfaatkan bus tersebut dengan baik. ‘’Kalau bule backpacker biasanya memilih yang murah dan jelas. Bus Damri ini kan murah,” ucapnya. (sli/bay)

 


Pembangunan terminal Internasional Bandara Banyuwangi berjalan sesuai rencana, tinggal 10 persen lagi.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News