Termurah di Asia, Penyelundupan BBM Bersubsidi Masih Marak

Termurah di Asia, Penyelundupan BBM Bersubsidi Masih Marak
Termurah di Asia, Penyelundupan BBM Bersubsidi Masih Marak
JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menyebutkan masih banyaknya penyelundupan BBM bersubsidi. Penyelundupan ini terjadi karena harga BBM dalam negeri masih paling murah jika dibandingkan dengan beberapa negara Asia lainnya.

"Saat negara Asia lainnya telah menaikkan harga BBM mereka hingga USD1 per liter, Indonesia masih bertahan diangka Rp4.500 per liter. Laporan menyebutkan banyak terjadi penyelundupan. Beberapa sudah ditangkap. Ini yang sedang kita hadapi selain juga penyalahgunaan BBM di dalam negeri," kata Menteri koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa pada wartawan di Jakarta, Senin (23/5).

Pada kuartal pertama (I/2011) ini saja katanya, realisasi BBM subsidi sudah mencapai 30 persen. Diperkirakan hingga akhir tahun, realisasi BBM subsidi akan melebihi dari target anggaran Rp40 triliun dalam APBN. Meningkatnya kuota penyaluran ini, karena diakui terjadi peralihan dari Pertamax yang sedang melonjak tinggi kembali ke premium.

"Kalau tidak dicegah maka pasti bisa over. Makanya kita menjaga disiplin kuota itu tidak gampang. Secara khusus, minggu depan akan kita bahas lagi. Trend perpindahan dari Pertamax ke premium itu memang terjadi," kata Hatta.

JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menyebutkan masih banyaknya penyelundupan BBM bersubsidi. Penyelundupan ini terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News