Tetapkan Tujuh KPPS Setiap TPS

Tetapkan Tujuh KPPS Setiap TPS
Tetapkan Tujuh KPPS Setiap TPS
    

TANGSEL
-Guna memaksimalkan penghitungan suara saat pencoblosan Pemilukada Tangsel nanti dan juga meningkatkan kesertaan warga mendatangi TPS, KPUD Kota Tangsel memastikan kalau jumlah KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, Red) di tiap TPS akan berjumlah 7 orang. Itu sesuai dengan Peraturan KPU No 15 Tahun 2010 tentang Pedoman Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Tempat Pemungutan Suara.

Ada beberapa opsi mengenai pembentukan KPPS, mulai dari tujuh orang, enam orang hingga lima orang. ”Kami menginginkan kinerja KPPS setiap TPS pada hari pencoblosan lebih maksimal. Karena itu, kami memutuskan KPPS di setiap TPS berjumlah 7 orang,” ungkap Subhan, anggota KPUD Tangsel kepada INDOPOS kemarin.Tugas itu meliputi, penghitungan pasca pencoblosan serta berbagai formulir. ”Jadi dapat diminimalisir kemungkinan kesalahan hitung ataupun kesalahan tulis,” ungkapnya lagi.

Ditetapkannya, 7 orang petugas KPPS membuat PPS Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangsel langsung memasang target partisipasi pemilih pada Pemilukada Tangsel 60 persen atau 6.236 pemilih dari DPT yang ditetapkan di daerah itu 10.393 pemilih. Ketua KPPS Kelurahan Kademangan, Uwes Hamid, mengatakan dari pengalaman Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tangerang, jumlah pemilih di daerahnya mencapai 5.000 orang lebih.

Berkaca dari jumlah itu, dia mengaku optimis tingkat partisipasi pemilih akan meningkat dari Pemilukada Kabupaten Tangerang lalu. ”Kami targetkan untuk Pemilukada Tangsel pada November mendatang 60 persen warga Kademangan memberikan suaranya,” ungkap sembari mengatakan akan terus menggalakkan sosialisasi Pemilukada agar warga Kelurahan Kademangan gunakan hak pilihnya saat pencoblosan.(kin)

     TANGSEL-Guna memaksimalkan penghitungan suara saat pencoblosan Pemilukada Tangsel nanti dan juga meningkatkan kesertaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News