Teten Masduki: Perpusnas Berkontribusi Mengembangkan UMKM dan Koperasi

Teten Masduki: Perpusnas Berkontribusi Mengembangkan UMKM dan Koperasi
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan gagasan proklamator kemerdekaan Bung Karno dan Bung Hatta mengenai ekonomi kerakyatan sangat relevan untuk diterapkan pada saat ini.

Menurut Teten, kedua tokoh bangsa itu mempunyai visi untuk membangun, kemandirian politik, budaya, dan ekonomi. Perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta juga dirumuskan sangat jelas dalam pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.

"Bung Hatta menegaskan ekosistem ekonomi berasaskan kekeluargaan wujudnya adalah koperasi," kata Teten dalam talkshow 'Literasi Kebangsaan Memperkokoh Nasionalisme dan Mempercepat Pemulihan Ekonomi Berbasis Koperasi' secara virtual, Senin (23/8).

Dia menjelaskan, di tengah perkembangan dunia yang makin kompetitif, dunia usaha terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi harus melakukan inovasi dan transformasi.

Oleh karena itu, UMKM dan koperasi harus mengembangkan model bisnisnya dengan asupan informasi yang memadai.

Teten menyebutkan, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memiliki kontribusi dalam mengembangkan UMKM dan koperasi di Indonesia tersebut, melalui konten informasi yang dimiliki.

“Karena itu penting akses informasi, akses terhadap pengembangan usaha, termasuk vokasi. Dengan peran Perpusnas yang bisa memberikan akses bagi pengembangan kewirausahaan di Indonesia," jelasnya.

Dia menambahkan, kemandirian ekonomi akan sangat kuat apabila ownership dari pembangunan ekonomi dan kegiatan usaha, ada di masyarakat.

Menkop UKM Teten Masduki menilai Perpusnas memiliki kontribusi dalam mengembangkan UMKM dan Koperasi melalui konten informasi yang dimiliki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News