Tiga Taman Khusus untuk Demo

Tiga Taman Khusus untuk Demo
Warga Beijing bersantai di taman Zizhuyuan, salah satu lokasi yang dilegalkan untuk berunjukrasa. Foto: AFP
BEIJING – Demi kelancaran Olimpiade Beijing, pemerintah Tiongkok menyediakan tempat khusus bagi para pengunjuk rasa. Tiga taman yang dilegalkan menjadi area demo itu adalah Zizhuyuan Park di kawasan barat laut, Ritan Park di timur dan Shijie Park di sebelah barat daya.

Meskipun berunjuk rasa dianggap legal di tiga lokasi tersebut, pemerintah tetap tidak akan menoleransi demo mendadak. ”Demo spontan (tiba-tiba) akan tetap kami bubarkan,” seru Direktur Keamanan Olimpiade Beijing, Liu Shaowu.

    Sesuai hukum yang berlaku di Negeri Panda itu, setiap peserta unjuk rasa harus mengantongi izin resmi dari pemerintah setempat sebelum demo dilaksanakan. ”Kami sudah merancang tempat khusus untuk para pengunjuk rasa di tiga taman tersebut,” ujar Liu. Dia mengimbau, unjuk rasa yang dilakukan di tiga taman demo itu tidak berbau anarki. Sebab, lokasi tiga taman itu cukup dekat dengan venue Olimpiade dan properti negara. 

    Aturan agar tiap individu mengantongi izin demo resmi dari pemerintah itu mengundang pertanyaan sejumlah pihak. Terutama, para aktivis Tiongkok. Sebab, jumlah badan yang dibentuk pemerintah untuk menangani izin demo perseorangan terbatas. ”Cara mendapatkan persetujuan untuk menyelenggarakan demo dan persyaratan yang harus dipenuhi tiap individu demi memperoleh izin akan kami jelaskan nanti,” kata Liu.

    Biasanya, penyelenggara demo sudah harus mengajukan izin lima hari menjelang hari-H. Selain tempat dan waktu, penyelenggara juga harus merinci kegiatan mereka saat akan mengadakan demonstrasi. Termasuk, rangkaian acara, tujuan demo dan jumlah peserta. Tidak jelas apakah demo dengan tema apa pun boleh dilangsungkan. Sebab, sebelumnya pemerintah melarang segala bentuk demo berbau Tibet selama Olimpiade berlangsung. (AFP/hep/ami)
Berita Selanjutnya:
Masa Depan Etoo Belum Jelas

BEIJING – Demi kelancaran Olimpiade Beijing, pemerintah Tiongkok menyediakan tempat khusus bagi para pengunjuk rasa. Tiga taman yang dilegalkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News