TII Curigai Kepsek Abaikan Kesejahteraan Guru

TII Curigai Kepsek Abaikan Kesejahteraan Guru
TII Curigai Kepsek Abaikan Kesejahteraan Guru
JAKARTA—Sekretaris Jenderal Transparancy International Indonesia (TII), Teten Masduki menegaskan  saat ini kepala sekolah (kepsek) yang tersebar di seluruh daerah  Indonesia,  justru lebih tunduk dan melayani atasannya,  Kepala Dinas Pendidikan setempat. Menurutnya, hal ini yang akhirnya mengakibatkan masalah kesejahteraan guru semakin dilupakan dan diabaikan.

“Hasilnya, kesejahteraan guru secara perlahan mulai diabaikan. Bisa dikatakan, Kepsek hanya menjadi  perpanjangan tangan birokrasi. Bahkan, sering didapati bahwa Kepsek berlebihan untuk melayani Kepala Dinas agar proyek sekolahnya lancar,” ungkap Teten di dalam Diskusi Publik Melawan Korupsi dan Membangun Demokrasi di Sekolah, di  Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (9/2).

Hasilnya, lanjut Teten, tak heran jika perjuangan kepala sekolah mengenai peningkatan kesejahteraan guru kian merosot. Ironisnya, lanjut Teten, proses pengangkatan kepala sekolah saat ini juga tak lepas dari unsur kedekatan dengan atasan dan bukan tingkat konpetensi dan profesionalitas yang menjadi prioritas utama.

“Selain untuk kenaikan jabatan, kedekatan dengan Kepala Dinas juga bertujuan agar dana BOS yang disalurkan ke sekolah terkait lebih lncar,” imbuhnya. (cha/jpnn)


Berita Selanjutnya:
SMK Bakal Rakit iPad

JAKARTA—Sekretaris Jenderal Transparancy International Indonesia (TII), Teten Masduki menegaskan  saat ini kepala sekolah (kepsek) yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News