SMK Bakal Rakit iPad

SMK Bakal Rakit iPad
SMK Bakal Rakit iPad

JAKARTA— Setelah sukses merakit mobil, kini siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan diajarkan untuk merakit iPad. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Direktur Pembinaan SMK Ditjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional  Joko Sutrisno mengaku siap menggandeng kalangan industri. "Ini merupakan program pembelajaran dengan basis Teknologie Informasi dan Komunikasi," kata Joko menegaskan, kepada wartawan di Jakarta, Senin (7/2).

Sebagai langkah awal Joko mengaku sudah berhasil menggandeng PT Inti. Bahkan, Joko berangan-angan, jika prorgram ini berhasil tidak menutup kemungkinan harga iPad bisa ditekan. Bahkan, kata Joko, harganya bisa hanya Rp 1 juta/unit. Sebelumnya, siswa SMK juga sudah berhasil merakit notebook. Namun, lanjut Joko. harga produksi notebook masih terlalu tinggi. "Sehingga harga jualnya juga relatif mahal, sekitar Rp 2 juta/ unit. Harga ini, masih terlalu mahal untuk ukuran daerah," ujarnya.

Mahalnya harga notebook rakitan anak-anak SMK, menurut Joko, disebabkan karena sejumlah komponen penting masih diimpor dari Tiongkok. Karena itu, untuk merakit iPad nanti, Joko berupaya bahwa sejumlah komponen akan dibuat di dalam negeri."Kalau ada impornya, mungkin hanya LCD monitornya saja. Sedangkan komponen lainnya akan diproduksi sendiri."

Selain sudah berhasil merakit notebook, siswa SMK juga sudah berhasil merakit mobil yang dikenal dengan mobil Esemka. Prototipe Esemka sudah dipamerkan dalam berbagai ajang pameran di dalam negeri. Joko memperkirakan, mobil Esemka baru akan bisa diproduksi secara massal sekitar tahun 2014 mendatang.  "Masih banyak proses yang harus dilalui sebelum akhirnya mobil Esemka itu diproduksi secara massal. Meski proses itu masih terus kami lakukan," ujar Joko menjelaskan.(cha/jpnn)

JAKARTA— Setelah sukses merakit mobil, kini siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan diajarkan untuk merakit iPad. Untuk mewujudkan rencana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News